img

LDK dan Pelantikan Pengurus OPTB

Penulis: Admin Media CJHS Temanggung | Terbit: 15 Juni 2022 | Dibaca: 1777 kali

Hai hai sagrekaters masih di CanisiNews edisi : Reorganisasi OPTB yang kini telah memasuki babak terakhir dari berbagai rangkaian kegiatan reorganisasi. Apakah itu?

 

Setelah kegiatan pemilihan ketua OSIS Patria Tunas Bangsa, kini saatnya bagi seluruh calon pengurus OPTB masa bhakti 2022/2023 mengikuti latihan dasar kepemimpinan atau biasa dikenal dengan LDK. Sungguh istimewa karena setelah 2 tahun lamanya kita melewati masa pandemi yang memaksa kita untuk off dari segala kegiatan sekolah kini kita dapat kembali melaksanakan LDK secara offline di sekolah yang dikemas dengan kegiatan bermalam atau menginap disekolah. Seperti apa keseruannya? Let’s cekidoot…

Kegiatan LDK dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu 11-12 Juni 2022. LDK diikuti oleh 17 calon pengurus OPTB, 7 Panitia dari OPTB kelas 9 dan 2 pembina kesiswaan.  Kegiatan LDK dimulai pada hari sabtu pukul 13.00 dengan jadwal kegiatan sebagai berikut :

Apel pembukaan dipimpin oleh Bu Santi selaku Kepala SMP Kanisius Temanggung. Pembukaan LDK OSIS 2022/2023 ditandai dengan pemasangan co-card oleh Bu Santi kepada Christy dan ditirukan oleh seluruh peserta apel. 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan bermain games dinamika raya yang dikoordinir oleh panitia kelas 9. Dalam games ini setiap kelompok sesuai dengan kelompok potluck bermain games tiup bola. Setelah bermain games peserta LDK beristirahat sejenak sambil menikmati snack yang telah dibawa oleh masing-masing kelompok. Mengusung konsep potluck yaitu kegiatan atau acara di mana setiap orang atau sekelompok orang berkumpul bersama untuk menyediakan makanan dan minuman yang dapat dimakan bersama-sama. Makanan yang dibawa adalah menu sederhana yang dibagi dalam beberapa kelompok dengan jumlah disesuaikan dengan peserta agar bisa dinikmati bersama. Kegiatan ini bukanlah tempat untuk menentukan makanan atau minuman paling enak atau mahal. Sebaliknya, guna memperkuat rasa persatuan antar sesama.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi 1 yaitu Tata Upacara Bendera (TUB) dan Pelatihan Baris Berbaris (PBB). Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMP Kanisius dengan bimbingan dari 2 alumni Kanisius sekaligus alumni pengurus OPTB yaitu Kak Seva dan Kak Arsel. Dalam sesi ini seluruh peserta diajari berbagai basic gerakan dalam baris berbaris dan juga dilatih menjadi petugas upacara bendera.

Setelah materi sesi 1 selesai peserta diberi waktu untuk membersihkan diri kemudian bagi siswa beragama Katolik mengikuti misa sore di Gereja, sedangkan siswa yang beragama lain beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Setelah kegiatan misa dilanjutkan dengan kegiatan makan malam dan kunjungan orangtua.

Pukul 19.00 dimulai materi untuk sesi kedua tentang korespondensi dan surat menyurat yang diisi oleh Ibu Ida sebagai pemateri. Pada sesi ini siswa diajari bagaimana tata cara membuat surat formal untuk sebuah kegiatan. Kemudian pada pukul 20.00 dilanjutkan materi sesi ketiga tentang Leadership atau Kepemimpinan yang diisi oleh Pak Anton. Dalam sesi ini peserta dibagi menjadi 3 kelompok di mana setiap kelompok diberi sebuah tantangan untuk menyelesaikan suatu kasus hanya dengan satu petunjuk. Hal ini ditujukan untuk melihat bagaimana seorang pemimpin mengorganisir dan bertanggungjawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Setelah kegiatan sesi selesai peserta dan seluruh panitia berkumpul di halaman untuk kegiatan makrab (malam akrab) yang diisi dengan berbagai penampilan lucu dan menarik dari peserta serta games truth or dare untuk semakin mengakrabkan diri satu sama lain. Setelah itu peserta berkumpul untuk membagi jobdesk atau bidang kerja. Kegiatan malam diakhiri dengan membuat sebuah konten tiktok dan foto bersama. Setelah itu peserta bersama-sama berdoa dan beristirahat.

Kegiatan pagi harinya diawali dengan kegiatan senam bersama. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan master chef challenge yaitu masak sarapan bersama. Pada kegiatan ini peserta dibagi ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok putra dan kelompok putri. Disediakan alat dan bahan dimana setiap kelompok wajib menggunakan bahan-bahan yang disediakan untuk membuat sarapan dengan menu sayur sop, tempe goreng dan telur dadar. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Semua bekerja sama dengan kompak dan mampu menyelesaikan masakan tepat waktu untuk dinikmati bersama. 

Kegiatan LDK dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang dilaksanakan di Taman Kali Progo. Kegiatan outbond dibagi dalam 5 pos tantangan dimana setiap siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan tugas di setiap pos. Pos 1 diawali dengan games dinamika raya “Menuju Tak Terbatas dan Melampauinya”. Di pos pertama ini setiap peserta diuji tingkat konsentrasi, kecepatan dan ketepatan individu dalam mengikuti instruksi yang diberikan. Selama permainan berlangsung satu-persatu siswa dipilih menjadi kelompok kecil untuk melanjutkan misi di pos selanjutnya.

 

Pos selanjutnya adalah pos estafet karet. Di pos ini tim kecil yang telah ditunjuk diberi tugas untuk memindahkan karet gelang dengan sedotan secara estafet bergantian di 4 titik pemberhentian dalam waktu 5 menit. Dalam games ini siswa diuji fokus, ketenangan, kesabaran dan keuletannya serta koordinasi dengan anggota tim lain dalam memindahkan karet hanya dengan menggunakan sedotan.

Setelah menyelesaikan misi di pos 2 peserta melanjutkan ke pos 3 yaitu kait bola. Dipos ini peserta yang masing-masing terdiri dari 3-4 orang diberi tugas untuk memindahkan bola dari tanah ke atas botol yang diletakan di tempat bersebrangan. Pada misi kali ini siswa dilatih kekompakan dan kerjasamanya dalam menyelesaikan sebuah misi dengan kondisi yang saling terkait satu sama lain. Sehingga setiap gerakan dari masing-masing anggota berpengaruh terhadap satu dengan yang lainnya.

Lanjut ke pos 4 setiap tim kembali menempuh sebuah misi “Mencari yang Terlihat” di mana setiap tim bertugas mengambil bola-bola yang telah disebarkan ke berbagai penjuru dengan mata tertutup dan mendengarkan instruksi dari salah satu leader dalam tim. Selain ditutup mata tantangan dalam games ini adalah instruksi diberikan dengan lawan kata. Yaitu untuk instruksi “ ke kanan” akan disebutkan “ke kiri” untuk instruk “maju” disebutkan “mundur” dan seterusnya. Misi ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam memimpin sebuah tim untuk mencapai tujuan serta kepercayaan anggota tim kepada pemimpinnya. Dalam hal ini pemimpin yang memberi instruksi juga bertanggungjawab untuk menjaga keselamatan timnya dengan memberikan instruksi yang jelas dan berhati-hati.

Setelah menyelesaikan semua misi dari pos 1 hingga pos 4. Tibalah setiap kelompok di pos terakhir yaitu pos jaga lilin. Di pos terakhir ini seluruh peserta diajak bersenang-senang sambil berbasah-basahan. Misi yang harus diselesaikan adalah menjaga nyala api lilin dari titik start hingga finish agar tidak padam. Selain itu peserta juga dibekali dengan korek batang yang masing-masing berisi 10 batang korek api untuk menyalakan lilin apabila lilin padam di tengah perjalanan. 

Tentu saja ini menjadi misi tambahan bagi setiap kelompok untuk menjaga kardus korek api tetap kering. Yak karena dalam perjalanan menuju garis finish panitia LDK yaitu kakak-kakak OPTB kelas 9 telah siap di pos masing-masing dengan senjata mereka yaitu botol air untuk menyemprot dan memadamkan lilin setiap tim yang lewat. Asik kan.. Hihihi dalam permainan ini hampir semua anggota tim jadi basah kuyup demi menjaga lilin mereka tetap menyala. Ada 3 tim yang berhasil sampai garis finish ada juga yang gagal dan kehabisan korek untuk menyalakan api.

Di babak terakhir ada babak kejutan yaitu babak pembalasan di mana tanpa diketahui oleh panitia kelas 9, pembina dan peserta LDK telah menyusun siasat untuk bertukar posisi yaitu kelas 9 sebagai penjaga lilin dan peserta LDK bergantian menjadi penyerang. Alhasil semua panitia ikut basah kuyup deh hihihi 😜

Setelah bersenang-senang dalam kegiatan outbound seluruh peserta kembali ke sekolah untuk membersihkan diri dan melaksanakan kebersihan dan persiapan pulang. Setelah makan siang dan beres-beres kegiatan dilanjutkan dengan apel penutupan LDK yang ditandai dengan pelepasan co-card peserta oleh Bu Santi selaku pembina apel diikuti oleh seluruh peserta apel. Setelah dibubarkan peserta apel mengikuti latihan untuk apel pelantikan yang akan dilaksanakan pada hari Senin, kemudian pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan LDK telah usai, kini tiba saatnya pelantikan dan penyerahan jabatan dari pengurus OSIS masa bhakti 2021/2022 kepada pengurus OSIS baru masa bhakti 2022/2023. Upacara Pelantikan dilaksanankan pada hari Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00 di halaman SMP Kanisius Temanggung dalam apel pagi yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan serta siswa-siswi SMP Kanisius Temanggung dari kelas 7-9. Upacara pelantikan berlangsung dengan sederhana dan khidmat. 

 

Dengan upacara tersebut 17 calon pengurus OPTB telah disahkan menjadi pengurus baru OSIS Patria Tunas Bangsa untuk masa bhakti 2022/2023 dan sebagai tanda purna tugas bagi pengurus OPTB masa bhakti 2021/2022. 

Selamat mengemban tugas baru bagi seluruh pengurus OPTB 2022/2023 dan selamat purna tugas bagi kakak-kakak OPTB kelas 9 masa bhakti 2021/2022. Semoga segala kegiatan dalam organisasi ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi semua anggota.

Kanisius! Confidently Smart!