img

Ujian Praktik 2021/2022

Penulis: Admin Media CJHS Temanggung | Terbit: 09 April 2022 | Dibaca: 3685 kali

Tak terasa tahun masa-masa kelas 9 akan segera berakhir. Kini saatnya kegiatan rangkaian ujian sebagai syarat kelulusan dimulai. 

 

Setelah diawali dengan kegiatan PAS 2, kini siswa-siswi SMP Kanisius Temanggung memasuki masa ujian praktik. Terdapat 10 mapel yg melaksanakan ujian praktik yaitu Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Bhs. Jawa, Bhs. Jepang, Penjasorkes, Seni Budaya, Prakarya, IPA Fisika, IPA Biologi, TIK dan Pendidikan Agama dengan pembagian jadwal ujian praktik sebagai berikut. 

Ujian praktik Bhs. Indonesia mengambil materi tentang pidato dengan penilaian tertulis dan lisan. Peserta ujian diminta membuat sebuah teks pidato  dengan tema kelulusan. Teks pidato ditulis tangan dengan rapi di kertas folio, dikonsultasikan kepada guru mapel kemudian dibacakan pada saat jadwal pelaksanaan ujian praktik Bhs. Indonesia. 

Ujian praktik Bhs inggris mengusung materi procedure text dan recount text. Peserta didik membuat sebuah video presentasi teks prosedur dengan durasi 3 - 5 menit dalam bahasa Inggris dan mengumpulkannya melalui panel tugas Google Classroom Bahasa Inggris. Pengumpulan paling lambat hari Rabu, 6 April 2022, pukul 12.00. Untuk materi teks report sederhana, peserta didik menulis teks report dengan bantuan mind mapping yang diberikan oleh guru. Tema undian: Snakes, Komodos, Roses, Orchids, Tsunami, Tornado. Teks ditulis minimal 3 paragraf dan terdiri dari 400 - 500 kata. 

Berbeda dengan mapel Bhs. Inggris dan Bhs. Indonesia yg mengambil penilaian secara tertulis dan lisan, Ujian praktik Bhs.Jawa dan Bhs. Jepang hanya mengambil penilaian secara lisan. Pada ujian Bhs. Jawa peserta diminta membacakan sebuah geguritan atau puisi bahasa Jawa yang telah disediakan. Geguritan tersebut berjudul Lumunturing Budaya karya Ki Andanawarih. Sedangkan pada ujian praktik Bhs. Jepang siswa diminta memperkenalkan diri dalam Bhs. Jepang. 

Pada mapel IPA ujian praktik dibagi menjadi 2 yaitu IPA Fisika dan IPA Biologi. IPA Fisika mengambil 6 tema praktik yaitu pengukuran, massa jenis, getaran, pemisahan campuran dan magnet. Begitu pula dengan ipa biologi yang mengambil 6 tema yaitu mikroskop, uji makanan, zat aditif, bioteknologi, sistem ekskresi dan sistem gerak. Pada saat pengarahan ujian praktik siswa telah diberi gambaran materi yang akan diujikan dan materi ujian praktik diundi berdasarkan penilaian guru terhadap kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran siswa sehari-hari.

Ujian praktik Penjasorkes mengambil penilaian gerak kinesthetic dan non kinestetik. Penilaian meliputi lari sprint, push up, sit up dan servis bola voli. Ujian praktik TIK peserta didik diminta untuk menyusun sebuah data dengan aplikasi microsoft excel memperhatikan font, alignment, border dan table size. 

Ujian praktik Seni Budaya mengambil 2 penilaian untuk dua bidang seni yaitu seni rupa dan seni musik. Pada penilaian seni rupa peserta diminta membuat sebuah lukisan yang minimal terdiri dari 2 moment atau suasana berbeda seperti musim ataupun suasana pagi dan malam dalam 1 bidang lembar kerja. Sedangkan untuk penilaian musik peserta diminta menyanyikan sebuah lagu populer bebas. 

Penilaian ujian praktik prakarya dilakukan secara berkelompok. Mengambil bidang memasak, peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri beranggotakan 3 orang. Setiap kelompok harus membuat hidangan pepes ikan bakar. Setelah sebelumnya peserta ujian secara berkelompok memasak pepes dirumah, pada hari H ujian praktik prakarya di sekolah siswa melanjutkan proses memasak pada tahap membakar pepes kemudian penyajian masakan. Hasil praktik dinilai langsung oleh bapak ibu guru SMP Kanisius Temanggung. 

Terakhir pelaksanaan ujian praktik pendidikan agama dilaksanakan sesuai dengan masing-masing agama yaitu Katolik, Kristen, Budha dan Islam. Peserta didik yang beragama Katolik mendapat materi ujian menampilkan bacaan ayat dalam Kitab Suci perihal tentang hal doa dan diuji oleh guru pendidikan agama Katolik secara langsung yaitu Ibu Tina. Siswa beragama Kristen mendapat materi ujian doa Bapakami, buka alkitab dan lagu rohani. Uprak agama Kristen diuji langsung oleh guru Pendidikan Agama Kristen yaitu Pak Bambang. Untuk agama Budha materi ujian praktik meliputi membaca paritta Vandana, Tisarana, Pancasila, Buddhanussati, Dhammanussati, Sanghanussati, Saccakiriyagatha, Karaniyametta Sutta, Brahmavihara. Selain itu siswa mempraktikan meditasi ketenangan dengan obyek Cinta Kasih. Uprak dinilai langsung oleh guru agama Budha yaitu Bu Ruby. Sedangkan uprak agama Islam diuji oleh bpk ibu guru SMP Kanisius yg beragama muslim yaitu Pak Jadi dan Bu Tirta dengan materi uprak meliputi praktik wudhu, sholat dan hafalan surah pendek. 

Demikian rangkaian pelaksanaan Ujian Praktik Tahun Ajaran 2021/2022 SMP Kanisius Temanggung. "Percaya kamu bisa dan kamu sudah setengah jalan."